Nama : Kalisa Dara Puspa
NIM : 2015.82.0054
Kelas : BSD Semester 5
Tugas : RPP Tematik Kelas 2 SD
Dosen :
Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : __________________________________
Kelas
/ Semester : II / 1
Tema
1 : Hidup Rukun
Sub
Tema 1 : Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran
Ke : 1
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan (5x35 Menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli
sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola
bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian
tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku
harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5 Mengenal teks permintaan
maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan
maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam
teman di lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik
ritmis.
4.8 Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga.
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Matematika
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda
dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola
bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan
sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
Bahasa Indonesia
3.3.1 Menentukan karakter setiap
individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di
rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh
sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian
tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan
maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PPKn
3.3.1 Menyebutkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan
dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
SBdP
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai
pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
◼
Dengan
menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama
lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
◼
Dengan
menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat me-mainkan pola irama bervariasi
lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
◼
Dengan menjawab
pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat
menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
◼
Dengan kegiatan
tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan
karakter yang dimiliki dengan teliti.
◼
Dengan teks
buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap
hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
◼
Dengan menjawab
pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
◼
Dengan
bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan
santun dan percaya diri.
◼
Dengan
menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
◼
Dengan
menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
◼
Dengan
mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
◼
Dengan
mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana
dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
◼
Dengan
mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
◼
Dengan kegiatan
menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga
berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
◼
Dengan kegiatan
menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota
keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
◼
Pola irama lagu
dengan menggunakan alat musik ritmis.
◼
Pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga.
◼
Menentukan
karakter setiap individu di rumah.
◼
Menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
◼
Teks permintaan
maaf.
◼
Memperagakan
contoh ucapan permohonan maaf.
◼
Membilang
sampai 500.
◼
Melengkapi
deret bilangan berpola +1.
◼
Menulis teks
buku harian.
F. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
◼
Pendekatan : Saintifik
◼
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
▪
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
▪
Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
▪
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Hidup Rukun”.
▪
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
▪
Guru
memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
▪
Siswa
menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan percaya diri
(mencoba).
▪
Siswa
memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku” sesuai ketukan dengan
menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
▪
Siswa
dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
▪
Siswa
menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis
(mencoba).
▪
Siswa diajak
menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
▪
Siswa
mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan
alat musik ritmis (menalar).
▪
Siswa
memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis
(mencoba).
▪
Siswa
membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4
yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
▪
Siswa membaca
nyaring syair lagu (mengamati).
▪
Siswa
menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
▪
Siswa dan
guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah
setempat (menanya).
▪
Siswa
menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya
(mengomunikasikan).
▪
Siswa membaca
teks buku harian Udin (mengamati).
▪
Siswa
menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
▪
Siswa
mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga (menalar).
▪
Siswa membaca
contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
▪
Siswa dan
guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun
(menanya).
▪
Guru
menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa
dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
▪
Siswa
memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
▪
Siswa diajak
mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah
(mengamati).
▪
Siswa
menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
▪
Siswa
mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
▪
Siswa
mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok
dienes (mengamati).
▪
Siswa
bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
▪
Siswa
menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamat-an (mengomunikasikan).
▪
Siswa
membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa
(menalar).
▪
Dari kegiatan
membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan
gambar yang diamati (mengomunikasikan).
▪
Siswa membuat
kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan
pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
▪
Siswa
menyalin kalimat yang telah dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
▪
Siswa
mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
▪
Siswa
membandingkan banyak buku yang ada pada masing-masing rak (menalar).
▪
Siswa
mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
▪
Siswa
menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati
(mengomunikasikan).
▪
Siswa
melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
▪
Siswa menulis
teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan
EYD yang tepat (mencoba).
▪
Siswa
menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks
buku harian yang ditulis (mencoba).
▪
Siswa
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin
pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Penutup
|
▪
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
▪
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
▪
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
▪
Melakukan
penilaian hasil belajar
▪
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
◼
Buku Siswa Tema
: Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
◼
Teks lagu “Ruri
Abangku”.
◼
Contoh teks
buku harian Udin.
◼
Gambar operasi
hitung menggunakan kubus satuan.
◼
Gambar beberapa
rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.
I. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
1. Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan dari teks buku harian
Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
Kunci jawaban :
1. Udin meminta maaf karena menyobek buku kakak.
2. Karena tidak sengaja membuat buku kakak sobek.
3. Iya, kakak memaafkan Udin.
4. Udin akan sedih, mereka bisa bertengkar.
5. Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek keterampilan).
b. Membilang dengan menggunakan balok dienes
atau kubus satuan
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
c. Melengkapi barisan bilangan +1
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
1. 38, 39, 40, 41, 42
2. 40, 41, 42, 43, 44
3. 44, 45, 46, 47, 48
4. 44, 45, 46, 47, 48
5. 45, 46, 47, 48, 49
3. Ketrampilan
a. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik
ritmis
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
(4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Penguasaan
Lagu.
|
Konsisten
menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang
kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
|
Terkadang
kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing
guru.
|
Menyanyi
dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru.
|
2.
|
Kemampuan
memainkan alat musik ritmis.
|
Mampu
mengembang-kan ritmis dari pola yang disajikan.
|
Hanya mampu
memainkan ritmis dari pola yang disajikan, tapi tidak mampu untuk
mengembangkan
|
Mengalami
kesulitan dalam meniru ritmis yang disajikan.
|
Tidak mampu
sama sekali meniru ritmis yang disajikan.
|
b. Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik penilaian memperagakan ucapan permohonan
maaf
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
(4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Ekspresi
|
Mimik wajah
dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
|
Mimik wajah
dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
|
Mimik wajah
dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
|
Monoton,
tanpa ekspresi.
|
2.
|
Lafal
|
Dialog
dilafalkan dengan tepat dan jelas.
|
Ada 1-2 kata
yang kurang tepat pelafalannya.
|
Lebih dari 2
kata belum tepat pelafalannya.
|
Hampir semua
kata belum tepat pelafalannya.
|
3.
|
Intonasi
|
Intonasi
sesuai dengan dialog secara konsisten.
|
Intonasi
sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
|
Intonasi
tidak sesuai dengan dialog.
|
Tanpa
intonasi.
|
4.
|
Volume Suara
|
Volume suara
keras dan jelas.
|
Volume suara
jelas.
|
Volume suara
kurang jelas.
|
Suara sangat
pelan dan tidak jelas.
|
c. Menulis teks buku harian
Penilaian:
unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
(4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbi-
ngan (1)
|
1.
|
Penggunaan
huruf besar, dan tanda baca.
|
Menggunakan
huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di
akhir kalimat.
|
Terdapat 1-2
kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
|
Terdapat
lebih dari 2 kesalahan dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik.
|
Tidak satu
pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik.
|
2.
|
Kesesuaian
isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
|
Seluruh isi
teks yang ditulis sesuai judul atau tema.
|
Setengah atau
lebih isi teks sesuai judul atau tema.
|
Kurang dari
setengah isi teks sesuai judul atau tema.
|
Semua isi
teks belum sesuai.
|
3.
|
Penulisan.
|
Penulisan
kata sudah tepat.
|
Terdapat 1-2
kata yang belum tepat penulisannya
|
Terdapat
lebih dari 2 kata yang belum tepat penulisannya
|
Semua kata
belum tepat dalam penulisan.
|
4.
|
Penggunaan
kalimat yang efektif.
|
Semua kalimat
menggunakan kalimat yang efektif.
|
Terdapat 1-2
kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
|
Terdapat
lebih dari 2 kalimat menggunakan kalimat yang kurang efektif.
|
Semua kalimat
menggunakan kalimat yang belum efektif.
|
Refleksi
◼
Hal-hal yang
perlu menjadi perhatian
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
◼
Siswa yang
perlu mendapat perhatian khusus
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
◼
Hal-hal yang
menjadi catatan keberhasilan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
◼
Hal-hal yang
harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………….
Remedial
Memberikan remedial bagi siswa yang belum
mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi
siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar