Nama
: Kalisa Dara Puspa
NIM
: 2015.82.0054
Kelas
: BSD Semester 5
Tugas
:Membuat Rancangan Pembelajaran
Dosen
: Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd,
MM.
Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Permainan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu :
Kompetensi Inti (KI):
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di
sekolah.
2. IPA/ Sains :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap
kegiatan manusia.
4. Matematika :
Menggunakan pengukuran berat.
Kompetensi
Dasar :
- IPA :
–
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
- PKn :
–
Mengikuti dan mentaati tata tertib
di rumah maupun di sekolah.
- Matematika :
–
Menggunakan sifat oprasi
pertukaran dan pengelompokkan
–
Membandingkan berat benda (
ringan , berat )
I. Tujuan
Pembelajaran** :
Siswa
dapat :
–
Melaksanakan tata tertib di
rumah dan disekolah.
–
Membandingkan rumah yang sehat
dan tidak sehat.
–
Menyebutkan ciri-ciri rumah
sehat dan tidak sehat.
–
Menyebutkan benda langit yang
terlihat pada siang dan malam hari.
–
Menggambar benda langit yang
dapat terlihat pada siang dan malam hari.
–
Menyebutkan jenis binatang yang
keluar pada siang dan malam hari.
–
Menggunakan sifat pertukaran
dan pengelompokkan bbilangan.
–
Melakukan pengukuran berat
–
Menunjukkan hasil pengukuran
berat dengan satuan tak baku.
–
Mendeskripsikan benda, dan
menentukan nama benda sesuai deskripsinya.
–
Menyebutlkan macam-macam gerak
berpindah tempat berdasarkan fungsinya.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
–
Tata tertib di rumah dan di
sekolah.
–
Rumah sehat dan rumah tidak
sehat.
–
Benda langit
–
Oprasi hitung bilangan.
–
Berat dan ringan ( geometri )
III. Metoda
Pembelajaran :
–
Ceramah
–
Diskusi.
–
Tanya jawab.
–
Demontrasi.
–
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/
Motivasi :
–
Mengisi daftar kelas , berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
–
Memperingatkan cara duduk yang
baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika )
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
- Melalui lagu bintang kecil, bulan sabit, siswa mengingat kembali tentang bulan, matahari dan bintang ( benda langit )
- Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi sederhana tentang tata tertib yang sudah dilaksanakan di rumah.
- Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 20 + 20 ) + ( 3 + 4 ) =....
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menyanyikan lagu anak-anak bersama-sama (lagu bintang kecil, lagu bulan sabit )
- Menyebutkan ciri-ciri dari tiap benda langit yang disebutkan dalam lagu tersebut.
- Melalui pengalaman dan pengamatan siswa menceritakan benda-benda langit yang terliahat pada waktu siang .
- Melalui pengalaman dan tugas siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari
- Setelah diskusi siswa menyebutkan tata tertib yang belum bisa dilaksanakan di rumah.
- Mengelompokkan jenis tata tertib yang ringan dan berat untuk dilaksanakan.
- Memperhatikan kalimat penjumlahan yang ditulis guru di papan tulis.( 23 +24 )
- Menjumlahkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
- Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
–
Membuat kesimpulan dari tiap
materi yang disampaikan.
–
Mengerjakan post tes
–
Pemberian PR / tugas
–
Memberiakn pujian terhadap
siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar.
V. Alat dan
Sumber Belajar
Buku Sumber :
–
Buku Pengetahuan sosial SD
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
Alat Peraga :
–
gambar rumah sehat dan tidak
sehat.
–
gambar bulan, bintang, dan
matahari.
–
benda-benda kecil, timbangan
gantung dari karton.
–
kelereng, kapur, biji-bijian,
bola tenis, bola pingpong,
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Menceritakan benda-benda
langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
·
Menggambar benda langit yang
dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari.
·
Menceritakan jenis binatang
yang keluar pada siang dan malam hari.
·
Melaksanakan tata tertib di
rumah.
·
Melaksanakan tata tertib di
sekolah
·
Menggunakan sifat oprasi
hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan
penjumlahan dan pengurangan.
·
Mengenal berat benda melalui
kegiatan sehari-hari.
·
Memberi contoh benda yang
berat dan ringan.
·
Mengukur berat benda dengan
satuan tak baku.
·
Menunjukkan perbedaan
hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
·
Ceritakan benda-benda langit
yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
·
Gambarkanlah benda langit
yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari.
·
Ceritakan jenis binatang yang
keluar pada siang dan malam hari.
·
Bagaimana cara melaksanakan
tata tertib di rumah.
·
Bagaimana cara Melaksanakan
tata tertib di sekolah
·
Bagaimana caraMenggunakan
sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah
perhitungan penjumlahan dan pengurangan.
·
Bagaimana caraMengenal berat
benda melalui kegiatan sehari-hari.
·
Sebutkanlah contoh benda yang
berat dan ringan.
·
Bagaimana caraMengukur berat
benda dengan satuan tak baku.
·
Tunjukkan perbedaan
hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku.
|
Contoh Lembar Kerja Siswa Matematika
Kelompok : ...........................
Anggota :
o
.......................
o
.......................
o
........................
o
........................
Kalian sudah menemukan benda di halaman ?
Nah sekarang coba bandingkan dan kelompokkan benda
mana yang berat dan benda yang ringan !
No
|
Benda yang berat
|
Benda yang ringan
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Contoh Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : ...........................
Anggota :
1 .......................
2 .......................
3 ........................
4 ........................
5. ........................
Gambarlah matahari yang pernah kalian lihat dan
amati dengan cara melihat bayangannya dalam air. Ikuti cara gurumu !
|
Pernahkah
kalian melihat bulan di waktu malam ?
Tentu kalian
pernah melihatnya, disamping bulan pasti ada bintang.
Cobalah gambar
bulan dan bintang yang kalian ketahui!
|
VII.
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
..................................
NIP
|
|
Depok, ………………… 20…
Guru Kelas I,
........................................
NIP
|
Seneng bisa mendapat pengetahuan tentang bagaimana cara membuat RPP yang baik untuk di terapkan di sekolah.
BalasHapusRPP nya sudah lumayan lengkap dan cukup bagus semoga RPP yg anda buat bisa bermanfaat untuk semua orang 🙏, Terimakasih
BalasHapusada beberapa kata yang salah, dan tidak dicantumkan alokasi waktunya. semoga akan lebih baik nantinya.
BalasHapusAda beberapa bagian yang tidak rapih. Semoga selanjutnya lebih baik lagi. Terimakasih 😊
BalasHapusRppnya sudah lengkap dan jelas. Terimakasih atas postingannya. Sangat membantu sekali!
BalasHapus