Kalisa
Dara Puspa
2015.82.0054
BSD/Semester
4
SEKOLAH ALAM
Disini
saya diberi kesempatan untuk membuat sekolah impian saya, saya mempunyai impian
mendirikan sekolah alam, menurut saya sekolah alam itu lebih menyenangkan karna
kita bisa belajar diluar kelas dan mencari tau apa saja yang ada di alam. Saya
ingin sekolah alam yang saya punya, mempunyai halaman yang luas, jauh dari
jalan raya tidak terlalu bising dan tidak banyak bangunan-bangunan yang dapat
membuat lingkungan tidak alami, Maka sudah pasti banyaknya bangunan membuat
banyaknya penduduk yang tinggal didaerah tersebut sehingga alam menjadi tidak
alami lagi sehingga kondisi tempat belajar siswa pun tidak kondusif karena
alamnya sudah dicemari lingkungan, disana saya akan menyediakan berbagai
fasilitas, seperti lahan yang cocok untuk menanam, terdapat sumber air yang
masih mengalir, hewan ternak, membuat rumah pohon untuk belajar siswa,
menggunakan furniture alami, membuat kolam ikan, membuat ayunan yang
digantungkan dipohon (alat bermain), membuat ruang musik, ruang perpustakaan
yang dibangun seperti rumah panggung, infocus dan layar, laboratorium hijau,
kantor dan toilet, membuat outbond, lapangan untuk bermain sepak bola, papan
climbing, menggambar, dll. Metode-metode yang digunakan seperti : observasi
dan riset dengan cara mengamati dan memahami langsung gejala
alam yang terjadi, sehingga siswa bisa mendapatkan media belajar yang bermutu
dan murah, siswa bisa melihat langsung apa saja yang ada di alam maupun apa
saja yang bisa di hasilkan oleh alam. Dengan mengelola hasil dari praktik di
alam, siswa belajar menanam sayur mayur,
lalu menjualnya kepasar dan hasilnya nanti akan ditabung sehingga siswa menjadi lebih produktif dan mandiri. Karena siswa
belajar di sekolah alam dan berinteraksi langsung dengan alam sehingga siswa
diharapkan menjadi siswa yang berakhlak mulia terhadap sang pencipta (Tuhan),
dan siswa menjadi makhluk yang adil, cinta damai, serta menjaga lingkungan
hidupnya.
Selain
dekat dengan alam, kebanyakan sekolah alam mengajarkan anak untuk belajar
secara aktif. Anak bukan hanya dijejali dengan pelajaran seperti di sekolah
biasa, tapi juga diperkenalkan bendanya secara langsung diperlihatkan , seperti anak bisa memegang, mencium
baunya, memindahkan bendanya, dan lain-lain, Saya sangat menyukai binatang dari
mamalia hingga reptile, saya mengikuti beberapa komunitas hewan, saya ingin
ketika ada pelajaran IPA yang mempelajari tentang hewan saya akan memanggil
teman-teman komunitas saya untuk memberikan informasinya kepada murid saya.
Sehingga pemahaman anak lebih komplit dan bisa ingat lebih lama. Selain itu,
ketika siswa sedang tertarik pada suatu hal, siswa bisa langsung bertanya dan guru bisa langsung
menjelaskan, sehingga minat siswa
langsung mendapatkan tanggapan yang positif.
Mengenai
konsep pembelajaran, sekolah alam bisa
memadukan antara kurikulum sekolah internasional, kurikulum depdiknas,.
Rapor yang diberikan kepada siswa ada dua, yaitu rapor akademis(formal) sesuai
standar diknas dan rapor khas sekolah alam(non formal) berupa portofolio siswa. Pada dasarnya materi
yang diberikan di sekolah alam sama dengan sekolah biasa, namun metode
penyampaiannya menggunakan sistem yang secara langsung dipraktek oleh siswa, di sekolah alam pun dapat
menggunakan kurikulum 2013(K13) dengan sistem spider web atau tematik . Bila
dalam membentuk logika ilmiah digunakan metode spider web, maka dalam membentuk
jiwa kepemimpinan menurut saya bisa menggunakan metode outbound.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar